Begini Cara Pinjam Dana Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri

Pinjam Dana Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri – Bank Mandiri Syariah adalah bentuk bank mandiri yang menggunakan prinsip-prinsip syariah sebagai dasar dari praktek perbankan yang dijalankan. Sama seperti bank lainnya, tentunya bank mandiri syariah pun memungkinkan nasabahnya untuk mengelola uang dengan membuka rekening di bank mandiri syariah.

Perbedaannya hanya terletak pada prinsip keuangan syariah yang digunakan pada bank mandiri syariah tidak digunakan dengan prinsip keuangan pada bank mandiri konvensional. Anda tentu ingin melakukan pengelolaan uang dengan prinsip-prinsip syariah, termasuk juga dalam hal peminjaman uang.

Lalu bagaimana jika anda ingin melakukan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah di bank mandiri syariah ini? Apakah bisa? Apa saja syaratnya?

Tentunya seperti bank lainnya, bank mandiri syariah juga memiliki program pinjaman dana. Program pinjaman dana ini pun bermacam-macam bentuk jaminannya atau ada juga yang tanpa jaminan. Jika menggunakan jaminan seperti sertifikat rumah pun juga bisa.

Anda tidak perlu khawatir bahwa bank mandiri syariah tidak memiliki jenis program pinjaman ini. Faktanya bank mandiri syariah juga memilikinya dan menerapkan prinsip syariah dalam perhitungan pinjam meminjam ini.

Besar nilai yang dapat anda pinjaman dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah ini pun tidak main-main. Besar maksimalnya diperkirakan dari persen harga aset rumah anda saat ini. Perkiraan atau taksiran harga yang membuat anda menjadi lebih untung menggunakan sertifikat untuk pinjaman dari bank daripada dari lembaga keuangan lainnya.

Secara suku bunga pinjaman tentunya bank mandiri syariah memiliki prinsip yang berbeda. Prinsip syariah tidak menggunakan bunga, karena bunga atau riba dosa hukumnya dalam islam. Secara praktik bunga tetap ada namun bukanlah bunga seperti pada pinjaman di bank konvensional bentuknya.

Lebih lengkapnya mengenai apa saja persyaratan dan cara mengajukan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah di bank mandiri syariah dapat anda ketahui pada bagian selanjutnya.

Persyaratan Pinjaman Dana dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri Syariah

Begini Cara Pinjam Dana Dengan Jaminan Sertifikat Rumah Di Bank Mandiri

Pastinya semua jenis pinjaman membutuhkan dokumen persyaratan. Seluruh dokumen persyaratan untuk pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah yang anda ajukan ke bank mandiri syariah pun perlu anda siapkan. Agar anda tidak bingung harus menyiapkan apa saja, maka berikut ini daftar persyaratan yang anda perlukan:

  • Berkas identitas diri, mencakup Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), KTP Pasangan (suami/istri), dan buku nikah atau akte nikah.
  • Berkas pekerjaan, mencakup surat keterangan kerja dan slip gaji atau jika anda pengusaha dapat melampirkan surat keterangan milik usaha dan keuangan usaha anda.
  • Berkas sertifikat rumah sebagai jaminan, asli dan fotokopi.
  • Berkas yang mendukung legalitas sertifikat, seperti bukti pembayaran pajak, izin mendirikan bangunan, dan lain sebagainya.
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Cara Pinjaman Dana dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank Mandiri Syariah

Seluruh persyaratan yang dibutuhkan telah dijelaskan, selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengajuan pinjaman. Pengajuan pinjaman tidak terlalu sulit untuk anda lakukan.

Hanya memerlukan beberapa langkah dan waktu yang singkat. Informasi lebih lengkap mengenai cara mengajukan pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah ini dapat anda simak pada bagian berikut:

  1. Pengajuan ke Bank Mandiri Syariah

Pertama, anda perlu mendatangi bank mandiri syariah terdekat. Pastikan untuk menyatakan tujuan anda ingin meminjam dana dengan jaminan sertifikat rumah. Setelah itu, ikuti instruksi dari pihak bank.

  1. Pengumpulan Berkas dan Formulir Permohonan

Kedua, anda akan diminta mengumpulkan seluruh berkas persyaratan yang dibutuhkan disertai dengan formulir permohonan pinjaman. Pastikan untuk mengisi informasi pada formulir selengkap mungkin.

  1. Proses Verifikasi dan Survey

Ketiga, setelah formulir permohonan serta berkas persyaratan sudah masuk ke pihak bank maka anda cukup menunggu proses verifikasi dan survey. Verifikasi dan survey dilakukan untuk memastikan keaslian data dan lingkungan lokasi rumah berada.

  1. Pencairan Dana dan Pencicilan Pinjaman

Terakhir, jika semua syarat memenuhi maka pengajuan anda akan diterima. Anda akan menerima kabar maksimal setelah 14 hari kerja. Jika sudah diterima, maka dana dapat segera anda cairkan. Lalu anda dapat memulai proses pencicilan pinjaman.

Jadi itu tadi penjelasan lengkap mengenai apa saja persyaratan dan cara pinjaman dana dengan jaminan sertifikat rumah di bank mandiri syariah. Apakah anda memiliki pesyaratan yang dibutuhkan?

Jika sudah ada dan memang anda sedang membutuhkan bantuan dana, maka jangan ragu untuk segera melakukan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Semoga pengajuan pinjaman anda dapat segera diterima!