Begini Prosedur Mengurus BPKB Hilang Jika Atas Nama Orang Lain

BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) hilang adalah masalah serius bagi pemilik kendaraan bermotor. Sebab BPKB yang menjadi bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Selain itu BPKB bisa dijadikan sebagai barang jaminan saat mengajukan pinjaman.

Apabila BPKB hilang, jangan panik dulu karena bisa diurus di Kantor Samsat sehingga memperoleh BPKB baru. Namun, bagaimana jika mengurus BPKB hilang atas nama orang lain?

Advertisements

Syarat Mengurus BPKB Hilang Atas Nama Orang Lain

Siapkan dokumen berikut sebelum mengurus BPKB hilang atas nama orang lain :

  1. Surat Kuasa

Saat mengurus BPKB atas nama orang lain, yang mesti disiapkan adalah surat kuasa. Surat kuasa ini dibuat atas nama pemilik kendaraan bermotor yang tertera di BPKB, serta dilimpahkan kepada individu yang mengurus kehilangan BPKB. Surat kuasa ini ditandatangani di atas materai. Dengan surat kuasa, pengurusan BPKB hilang atas nama orang lain ini bisa diproses.

  1. Laporan Kehilangan BPKB dari Kepolisian

Saat mengurus laporan kehilangan BPKB, bawalah KTP atau SIM sebagai tanda pengenal diri. Di Kepolisian, petugas akan meminta Anda menceritakan kronologi kehilangan BPKB. Ceritakan secara urut, singkat dan jelas. Lalu petugas akan membuatkan laporan kehilangan yang Anda tandatangani.

  1. Kliping Koran di 2 Media Massa

Hal ini bertujuan untuk menyampaikan pemblokiran BPKB. Buatlah iklan di media massa lokal, bisa cetak atau online. Isi iklan menyatakan bahwa BPKB dengan nomor seri dan atas nama yang hilang itu sudah tidak berlaku lagi. Barang bukti iklan ini bisa berupa kliping atau bukti pembayaran iklan. Iklannya bisa berupa iklan baris agar biayanya tidak terlalu mahal. Baca Hitungan Kisaran Biaya Pajak Motor Telat 1 – 5 Tahun

  1. Surat Keterangan dari Reserse atau Reskrim

Cara pengurusan surat keterangan ini sama dengan pengurusan laporan kehilangan di Kepolisian. Bawa saja kartu identitas dan ceritakan kronologi kehilangan BPKB. Nanti petugas akan membuatkan surat yang juga Anda tandatangani.

  1. Surat Keterangan dari Bank

Surat keterangan ini menyatakan bahwa BPKB duplikat yang hilang sedang tidak dijadikan jaminan pinjaman uang di bank. Surat keterangan ini diterbitkan oleh bank disertai materai.

Advertisements

Prosedur Mengurus BPKB Hilang Atas Nama Orang Lain

Setelah menyiapkan dokumen-dokumen diatas, maka ikuti prosedur mengurus BPKB hilang atas nama orang lain berikut ini :

  1. Bawalah kendaraan bermotor yang BPKB-nya hilang, kartu identitas, serta persyaratan lainnya ke Kantor Samsat.
  2. Ajukan permohonan penggantian untuk BPKB hilang.
  3. Nantinya, Anda akan diminta untuk mengisi formulir permohonan. Sementara kendaraan bermotor yang dibawa akan menjalani cek fisik. Setelah dilakukan cek fisik, petugas akan menerbitkan cek fisik yang telah dilegalisir.
  4. Anda akan diarahkan ke loket BPKB untuk menyerahkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Pembayaran BPKB juga dilakukan, sehingga Anda akan menerima bukti pembayaran BPKB. Bukti pembayaran BPKB ini nanti digunakan untuk mengambil BPKB yang baru.
  5. Proses pembuatan BPKB ini kira-kira membutuhkan waktu 1 bulan. Datang lagi ke Kantor Samsat pada tanggal yang telah ditentukan.

Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Pengurusan BPKB Hilang?

Apabila BPKB kendaraan bermotor roda 2 atau 3, maka biaya yang diperlukan adalah Rp.225.000. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda 4, biaya yang dibutuhkan adalah Rp.375.000.

Jika dipikir-pikir, biaya untuk pengurusan BPKB hilang cukup mahal juga, ya. Belum lagi waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk pengurusannya. Mengingat persyaratan yang dibutuhkan cukup beragam. Maka, usahakan untuk menyimpan BPKB Anda dengan baik agar tidak terjadi kehilangan atau bahkan kerusakan.

BPKB merupakan dokumen yang sangat penting. BPKB memiliki beberapa fungsi dan peranan. Yang pertama, BPKB merupakan pengenal sah kendaraan bermotor, baik yang berfungsi normal maupun yang rusak. Di BPKB terdapat pula faktur pembelian kendaraan bermotor. BPKB juga merupakan sertifikat kepemilikan yang sah kendaraan bermotor. Baca Kisaran Biaya Mengurus BPKB yang Hilang Balik Nama Sendiri

Ketiga, BPKB digunakan untuk mempermudah pengawasan kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia serta pemasukan keuangan negara non pajak. BPKB juga dapat dijadikan sebagai barang jaminan saat meminjam uang di lembaga keuangan seperti bank.

Advertisements