Berapakah Bayar Pajak Motor Honda Beat Per Tahun

Pajak Motor Honda Beat – Honda Beat adalah salah satu jenis motor yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Salah satu kelebihannya yang disukai adalah mesinnya yang irit. Saat memiliki sepeda motor, otomatis wajib membayarkan pajak motor tiap tahunnya. Lalu bagaimana dengan biaya pajak motor Honda Beat per tahun?

Biaya pajak motor Honda Beat tentu berbeda-beda tergantung pada tipe dan tahun keluarannya. Untuk tahun keluaran 2017, pajak motor Honda Beat berkisar antara Rp.195.000 – Rp.202.500. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Honda Beat ini dapat dilihat pada STNK-nya.

Selain PKB, per tahunnya pemilik kendaraan bermotor juga harus membayarkan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Besar SWDKLLJ adalah Rp.35.000. Jadi total biaya yang dibayar per tahun oleh pemilik Honda beat tahun 2017 adalah Rp.195.000/Rp.202.500 + Rp.35.000 = Rp.230.000/Rp.237.500.

Pajak tahunan kendaraan bermotor terdiri dari 2 komponen yakni :

  1. PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)

Nilai PKB ada di STNK setiap kendaraan bermotor. Besar PKB adalah 1,5% nilai jual motor. Nilai PKB juga tergantung pada jumlah motor yang dimiliki. Jika Anda memiliki 4 motor, maka motor pertama dikenakan PKB 1,5%. Motor kedua akan dikenakan PKB sebesar 2%, motor ketiga sebesar 2,5% dan keempat sebesar 3%. Baca TERLENGKAP Cara Bayar Pajak Online E-filling atau Online Pajak

  1. SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)

SWDKLLJ ini dikelola oleh Jasa Raharja. Dana ini dapat diklaim ketika mengalami kecelakaan lalu lintas. Besarnya adalah Rp.35.000.

Mengecek Pajak Motor di Situs Dispenda

Saat ini, ada situs dari Dispenda (Dinas Pendapatan Daerah) yang dapat digunakan untuk mengecek pajak motor Anda per tahunnya. Situs Dispenda tiap provinsi tentu berbeda-beda. Berikut adalah beberapa situs Dispenda provinsi :

  1. Jawa Timur : https://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
  2. Jawa Barat : https://bapenda.jabarprov.go.id/
  3. Jawa Tengah : https://jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
  4. DKI Jakarta : https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
  5. Bali : https://www.pendapatan.denpasarkota.go.id/

Di situs Dispenda itu terdapat beberapa fitur yakni :

  1. Info Pajak Kendaraan

Fitur ini dapat digunakan untuk mengetahui informasi tentang kendaraan, mulai dari warna kendaraan bermotor, tanggal masa laku, merk, tipe serta tahun buat.

Selain identitas kendaraan, ada juga informasi pajak tahunan kendaraan seperti PKB, SWDKLLJ, parkir, pengesahan STNK, biaya perpanjangan STNK tahunan, serta Biaya TNKB. Cukup dengan memasukkan nomor polisi serta kode verifikasi, Anda sudah bisa mengetahui informasi kendaraan bermotor dan pajaknya secara lengkap.

  1. Nilai Jual Kendaraan Bermotor

Di Situs Dispenda ini, Anda juga dapat mengetahui nilai jual kendaraan bermotor berbagai tipe dan tahun keluaran. Fitur ini sangat bermanfaat untuk menaksir harga jual. Cukup memasukkan jenis kendaraan, model, merk, tipe, tahun keluaran, dank ode verifikasi, maka nilai jual kendaraan bermotor akan muncul di layar. Baca Begini Cara Daftar Pajak Online Untuk Pertama Kali

  1. Info Penerimaan Pajak

Fitur ini digunakan untuk mengetahui penerimaan pajak tahunan di Dispenda.

  1. Cari Samsat Terdekat

Kalau fitur ini digunakan untuk menampilkan Kantor Samsat terdekat dari posisi Anda berada. Caranya tinggal mengetikkan nama lokasi Anda dan klik “cari”, maka akan muncul informasi Samsat terdekat dalam bentuk peta.

Cara-cara Membayar Pajak Motor Tahunan

Saat ini banyak tersedia cara-cara pembayaran pajak motor tahunan. Berbagai cara ini dapat dipilih sesuai dengan kondisi masing-masing.

  1. Membayar di Kantor Samsat

Saat membayar pajak motor di Kantor Samsat, siapkan dokumen seperti KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopinya, STNK asli dan fotokopinya, dan fotokopi BPKB. Nantinya, petugas akan meminta Anda mengisi formulir dan melampirkan dokumen.

Kemudian Anda akan dipanggil dan memberikan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor. Pembayaran pajak motor pun dilakukan di loket pembayaran.

  1. Membayar di Samsat Keliling

Samsat Keliling dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari Kantor Samsat. Samsat Keliling ini biasanya berupa kendaraan bis dan mengelilingi beberapa lokasi mulai pukul 9.00 – 14.00 WIB. Baca Tahapan Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI Untuk Pertama Kali

  1. Membayar lewat e-Samsat

E-Samsat adalah pilihan tepat bagi Anda yang sibuk tetapi ingin menunaikan kewajiban pembayaran pajak motor. E-Samsat prosesnya berjalan secara online, namun pembayarannya dilakukan lewat ATM, internet banking, mobile banking atau SMS banking.