Hitungan Kisaran Biaya Pajak Motor Telat 1 – 5 Tahun

Pajak Motor Telat 1 – 5 Tahun – Membayar pajak motor memang merupakan agenda wajib tahunan. Tetapi, kadang ada saja kesibukan atau pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga terlambat membayar pajak motor.

Belum lagi kalau Kantor Samsat jauh dari tempat tinggal, bisa-bisa terlena telat membayar pajak motor sampai bertahun-tahun. Tentu ada sanksi yang dikenakan pada wajib pajak yang telat membayar pajak motor.

Advertisements

Sanksi tersebut berupa denda. Kira-kira berapa denda yang harus dibayarkan jika telat membayar pajak motor selama 1 – 5 tahun?

Menghitung denda Biaya Pajak Motor Nunggak

Denda pajak motor memiliki perhitungannya sendiri. Rumus penghitungan denda pajak motor adalah :

Denda pajak motor = PKB x Besaran Denda (%) x Waktu Keterlambatan

PKB atau Pajak Kendaraan Bermotor ini tertera di STNK tiap-tiap kendaraan. Jumlahnya tentu juga berbeda-beda tergantung pada tipe dan tahun keluaran kendaraan bermotor. Besaran Denda untuk kendaraan bermotor adalah 25% per tahun.

Jadi, semisal PKB yang tertera di STNK adalah sebesar Rp.250.000. Maka, penghitungan denda pajak motornya adalah :

Denda pajak motor = Rp.250.000 x 25% x 1 (tahun) = Rp.62.500.

Itulah besar denda pajak motor yang telat dibayar 1 tahun. Dengan denda tersebut, total pajak motor yang dibayarkan adalah :

Total pembayaran pajak motor          = PKB + Denda + SWDKLLJ

= Rp.250.000 + Rp.62.500 + Rp.35.000

= Rp.347.500.

Nah, itulah penghitungan biaya pajak motor yang telat 1 tahun. Berikut adalah penghitungan biaya pajak motor yang telat sampai 5 tahun. Baca Tahapan Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI Untuk Pertama Kali

Lama Keterlambatan Denda Pajak Motor Total Pembayaran Pajak Motor
1 Tahun Rp.62.500 Rp.347.500
2 Tahun Rp.125.000 Rp.410.000
3 Tahun Rp.187.500 Rp.472.500
4 Tahun Rp.250.000 Rp.535.000
5 Tahun Rp.312.500 Rp.597.500

Itulah kisaran biaya pajak motor yang telat selama 1 – 5 tahun. Jika dilihat, ternyata biaya denda pajak motor juga tergolong besar. Sangat disayangkan jika uang yang dipunyai mesti digunakan untuk membayar denda tersebut.

Advertisements

Karenanya sangat dianjurkan untuk membayarkan pajak motor tepat pada waktunya. Oya, saat ini Anda dapat mengecek sendiri besar pajak motor yang harus dibayarkan tiap tahun. Pengecekan ini dilakukan lewat secara online. Kunjungi saja situs disependa provinsi domisili Anda. Langkah-langkahnya secara rinci adalah : Baca Cara Melihat Biaya Perpanjangan STNK Via Samsat Online

  1. Buka situs dispenda provinsi Anda
  2. Pilih “Info Pajak Kendaraan”, disitu akan muncul halaman untuk menginput nomor polisi kendaraan bermotor Anda.
  3. Setelah menginput nomor kendaraan, masukkan kode verifikasi.
  4. Klik “Cari”
  5. Secara otomatis akan muncul informasi tentang kendaraan bermotor Anda, seperti nomor polisi, warna, tanggal masa laku, merk, tipe, serta tahun buat. Akan muncul juga biaya-biaya pajak tahunan seperti PKB, SWDKLLJ atau Jasa Raharja, Parkir, Pengesahan STNK, Biaya perpanjangan STNK tahunan dan Biaya TNKB.

Setelah mengetahui besar pajak yang dikenakan pada motor, tinggal menyiapkan uang sesuai nominal yang tertera di situs Dispenda tadi serta menyiapkan beberapa dokumen sebelum menuju Kantor Samsat.

Biasanya dokumen yang dibutuhkan untuk pembayaran pajak motor adalah  KTP asli pemilik kendaraan beserta fotokopinya, STNK asli dan fotokopinya, dan fotokopi BPKB. Berikut adalah langkah-langkah pembayaran pajak motor di Kantor Samsat :

  1. Datangi Kantor Samsat di daerah Anda. Ajukan keperluan kepada petugas.
  2. Anda kemudian akan diminta mengisi formulir.
  3. Setelah formulir diserahkan, tunggu sampai petugas memanggil Anda. Ketika dipanggil, petugas akan memberitahukan slip pembayaran pajak motor tahunan.
  4. Setelah membayar pajak motor tahunan, petugas akan memberi bukti pembayaran. Petugas juga akan memberikan STNK, cek data yang tertera di STNK sebelum mengakhiri proses pembayaran pajak motor tahunan.

Selain pembayaran di Kantor Samsat, pembayaran pajak motor dapat juga dilakukan di layanan Samsat Keliling, maupun e-Samsat. Samsat Keliling merupakan layanan untuk memudahkan masyarakat yang ingin membayar pajak motor namun tempat tinggalnya jauh dari Kantor Samsat. Baca Berapakah Bayar Pajak Motor Honda Beat Per Tahun

Sedangkan e-Samsat merupakan layanan pembayaran pajak motor dengan proses online serta pembayaran melalui ATM. Kedua layanan alternatif Samsat ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membayar pajak motor namun terhalang jarak atau waktu. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk telat bayar pajak motor ya!

Advertisements