Ini Syarat Wajib Bayar Pajak Motor Mobil di Samsat Keliling

Samsat Keliling merupakan layanan pengesahan STNK, pembayaran PKB dan SWDKLLJ dengan mendatangi wajib pajak yang jauh dari kantor pelayanan Samsat. Samsat Keliling bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam melaksanakan kewajiban pajak motornya.

Untuk menggunakan layanan Samsat Keliling, khususnya untuk pembayaran pajak motor, berikut syarat-syarat yang harus disiapkan :

Advertisements
  1. Kartu identitas pemohon / pemilik yang sah
  2. Asli dan fotokopi BPKB
  3. Asli STNK
  4. Bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan SWDKLL tahun terakhir

Itulah persyaratan bayar pajak motor di Samsat Keliling. Layanan Samsat Keliling ini dapat digunakan masyarakat pada hari kerja mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB. Selain Samsat Keliling, ada juga berbagai layanan Samsat yang memudahkan masyarakat saat ingin bayar pajak motor.

  1. E-Samsat

e-Samsat adalah layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan proses online dan pembayaran lewat ATM. Layanan ini tersedia selama 24 jam tanpa libur dan dapat diakses di provinsi seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.Baca Ingin Lapor Pajak Online Mudah Kok Begini Caranya

  1. Samsat Gendong

Samsat Gendong, dibandingkan dengan layanan Samsat yang lain, memiliki mekanisme yang lebih sederhana. Layanan ini dilaksanakan oleh 2 petugas, yang terdiri dari 1 petugas Polri dan 1 petugas Samsat.

Kedua petugas membuka stand pelayanan Samsat di lokasi yang mudah dijangkau masyarakat seperti Balai RW. Untuk menggunakan layanan ini, bawa dokumen seperti kartu identitas asli, STNK asli dan bukti pelunasan PKB serta SWDKLL tahun terakhir.

  1. Samades (Samsat Masuk Desa)

Samades merupakan layanan Samsat yang berpos di kantor lurah, kantor desa atau balai pertemuan warga. Tujuan Samades ini adalah menjangkau masyarakat desa yang lokasinya jauh dari Kantor Samsat Induk, serta tidak terjangkau layanan Samsat Keliling.

  1. Samsat Drive Thru

Inovasi layanan Samsat yang satu ini terinspirasi dari layanan Drive Thru restoran cepat saji. Dengan Samsat Drive Thru, para wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan bermotornya saat ingin membayar PKB.

Advertisements
  1. Samsat Corner

Samsat Corner adalah layanan Samsat untuk pembayaran PKB atau pengesahan STNK satu tahun. Samsat Corner ini memang dirancang untuk pengesahan STNK saja. Ada yang memberikan perbedaan pada layanan pengesahan STNK di Kantor Samsat dengan di Samsat Corner ini. Baca Begini Cara Daftar Pajak Online Untuk Pertama Kali

Yakni, diberikannya reward atau hadiah kepada wajib pajak yang membayarkan pajaknya secara tepat waktu atau bahkan lebih awal. Pemberian hadiah ini dilakukan sesuai dengan polling. Dengan sistem ini, diharapkan masyarakat tergerak untuk membayar paajk motornya secara disiplin.

  1. Samsat Nite

Ada-ada saja layanan Samsat ini. Tidak cukup dengan pelayanan siang hari, kini ada layanan Samsat untuk malam hari. Layanan Samsat jenis ini ditujukan pada para wajib pajak yang tidak sempat membayar pajak pada siang hari karena bekerja.

Layanan di Samsat Nite ini adalah pembayaran PKB dan SWDKLLJ setiap tahun dan layanan pengesahan STNK setiap tahun. Perlu dicatat bahwa Samsat Nite tidak melayani perpanjangan STNK 5 tahun, perubahan identitas serta kendaraan blokir.

  1. T-Samsat

T-Samsat atau Tabungan Samsat merupakan layanan tabungan dari Bank BJB yang bekerjasama dengan Samsat. Dengan T-Samsat ini, pembayaran pajak kendaraan dapat dicicl lewat tabungan, dapat dibayar secara otomatis dengan fitur autodebet, serta terbebas dari biaya administrasi dan penalti. Layanan yang dapat digunakan di T-Samsat ini adalah pengesahan STNK tahunan, pembayaran PKB serta SWDKLLJ.

  1. Samsat Outlet Bank BJB

Samsat juga bekerja sama dengan Bank BJB sehingga pembayaran PKB dan SWDKLLJ dapat dilakukan di outlet KCP Bank BJB. Layanan yang dapat digunakan di Samsat Outlet Bank BJB ini adalah pegesahan STNK tiap tahun, pembayaran PKB dan SWDKLLJ. Kendaraan yang dilayani adalah kendaraan pribadi saja. Baca Tahapan Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI Untuk Pertama Kali

  1. Samsat Online 3 Provinsi

Layanan ini diberikan untuk pembayaran PKB, pengesahan STNK tiap tahun secara online di 3 provinsi yakni Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten yang ada di wilayah Polda Metro.

Itulah layanan pembayaran pajak motor yang unik dari Samsat. Untuk saat ini, 8 layanan Samsat masih tersedia di Kabupaten Jawa Barat saja. Untuk Kabupaten lain bisa memanfaatkan e-Samsat untuk kemudahan pembayaran pajak motor.

Advertisements