Prosedur Plus Syarat Bayar Pajak NPWP di Kantor Pos Pemula

Bayar Pajak NPWP di Kantor Pos – Pajak NPWP adalah pajak yang wajib dibayarkan oleh orang-orang yang memiliki penghasilan Rp 4,5 juta keatas. Tanda pengenal untuk orang yang diwajibkan membayar pajak NPWP adalah NPWP.

Saat ini, membayar pajak NPWP bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui Kantor POS. Pembayaran pajak NPWP di Kantor Pos dapat menjadi pilihan pembayaran pajak yang mudah, cepat dan hemat.

Cara bayar pajak NPWP di Kantor Pos (http://www.posindonesia.co.id/index.php/tag/billing/) terdiri dari 3 tahap yakni 1) registrasi guna mendapatkan User ID, 2) Memperoleh Kode Billing untuk pembayaran pajak, dan 3) Membayarkan pajak di Kantor Pos. Untuk lebih rincinya simak informasi berikut ini :

Cara Bayar Pajak NPWP di Kantor Pos

  1. Registrasi guna mendapatkan User ID

Pertama-tama, bukalah alamat website untuk registrasi (http://sse.pajak.go.id). Hal yang perlu disiapkan saat melakukan registrasi adalah NPWP. NPWP ini hanya dapat digunakan untuk 1 kali registrasi saja. Setelah mendaftar, akan diperoleh User ID. Registrasi untuk pembayaran pajak NPWP ini tidak membutuhkan biaya apapun.

  1. Memperoleh Kode Billing untuk pembayaran pajak

Gunakan User ID yang tadi diperoleh, serta password yang dibuat sewaktu registrasi. Kemudian, pengguna akan diminta untuk mengisi data pembayaran yang hendak dilakukan. Setelah semua data lengkap, maka akan memperoleh kode billing yang terdiri dari 15 digit.

Catat atau cetak kode billing tersebut. Kode billing ini diterbitkan di tingkatan sistem, sehingga pada kegiatan pembayaran di Kantor Pos tidak perlu lagi membawa SPP.

  1. Membayarkan pajak di Kantor Pos

Datangi Kantor Pos terdekat dengan membawa uang senilai pajak NPWP serta kode billing. Ajukan maksud dan tunjukkan kode billing ke petugas loket pos. Setelahnya, setorkan uang pajak NPWP dengan jumlah sesuai ketentuan. Petugas akan mencetak resi pembayaran pajak. Terima dan simpan resi tersebut sebagai bukti bahwa Anda sudah membayar pajak NPWP.

Itulah cara membayar pajak NPWP di Kantor Pos. Sangat simpel dan mudah kan? Perlu diketahui bahwa layanan pembayaran pajak NPWP di Kantor Pos ini sudah berjalan sejak tahun 2014. Layanan pembayaran pajak NPWP di Kantor Pos ini diharapkan memberikan keleluasaan dan akses pada individu wajib pajak di seluruh bagian Indonesia.

Pemerintah berharap jangan sampai kesadaran membayar pajak terhalangi oleh kurangnya akses pembayaran. Sampai kini, banyak masyarakat sudah menggunakan layanan ini, terbukti pada awal peluncurannya telah tercatat 16,3 juta transaksi pembayaran pajak NPWP di Kantor Pos.

Kelebihan Membayar Pajak NPWP di Kantor Pos

Berikut adalah kelebihan membayar pajak NPWP di Kantor Pos :

  1. Lebih cepat, karena sebagian proses pembayaran sudah dilakukan secara online. Di Kantor Pos hanya terjadi penyerahan uang dan penerimaan bukti pembayaran pajak.
  2. Caranya mudah, dapat diikuti oleh semua orang.
  3. Data lebih akurat karena menggunakan e-Billing

Perlu diketahui bahwa selain Kantor Pos, pembayaran pajak NPWP juga dapat dilakukan melalui ATM. Saat membayar pajak NPWP di Kantor Pos tentu harus membawa uang tunai.

Namun jika Anda tidak memiliki uang tunai, maka pembayaran pajak NPWP lewat ATM ini bisa menjadi pilihan. Lewat ATM ini, tidak perlu lagi melakukan tarikan tunai dan menuju Kantor Pos. Baca Begini Tahapan Cara Bayar Pajak Online Sepeda Motor Samsat online

Secara umum pembayaran pajak NPWP di ATM sama-sama membutuhkan kode e-Billing. Hanya saja saat pembayaran, tinggal bawa kode e-Billing ke ATM terdekat. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Masukkan kartu ATM dan pin
  2. Pada menu awal, pilih “Bayar”, pilih “Pajak”. Lalu pilih “Penerimaan Negara”
  3. Isikan kode e-Billing sebanyak 15 digit angka
  4. Di layar, akan tertera informasi transaksi perpajakan yang akan dilakukan
  5. Jika seluruh informasi sudah benar, klik “Ya” untuk menyelesaikan pembayaran pajak NPWP
  6. Pembayaran pajak NPWP melalui ATM pun selesai dilakukan

Itulah cara pembayaran pajak NPWP melalui ATM. Selain melalui Kantor Pos dan ATM, pembayaran pajak NPWP dapat juga dilakukan di teller bank. Saat ini, bank yang menerima pembayaran pajak NPWP dengan e-Billing ini adalah Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, serta Bank Tabungan Negara.