Solusi Jika BPKB Hilang Belum Balik Nama Bisakah Diurus Lagi

BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) adalah buku yang pasti dimiliki oleh pemilik kendaraan bermotor. BPKB selain bukti sah kepemilikan kendaraan, juga sering dijadikan sebagai barang jaminan saat mengajukan pinjaman di bank.

Pantas saja kalau kehilangan BPKB menjadi urusan serius. Selama ini memang bisa mengajukan permohonan BPKB yang baru saat kehilangan. Tetapi bagaimana jika BPKB yang hilang itu belum balik nama? Apakah bisa diurus lagi?

Advertisements

Jawabannya adalah sangat bisa! Untuk mengurus BPKB yang hilang tetapi belum balik nama, siapkan syarat-syarat berikut ini :

  1. KTP, STNK dan Kwitansi Pembelian

Saat mengurus BPKB hilang yang masih atas nama orang lain, pinjamlah KTP orang yang namanya tertera di BPKB tersebut. Bawa juga STNK serta faktur pembelian atau kwitansi kendaraan bermotor. Hal ini untuk keperluan administrasi pembuatan BPKB yang baru.

  1. Laporan Kehilangan dari Kepolisian

Bawalah kartu identitas (KTP atau SIM) saat mengunjungi kepolisian. Ajukan permohonan pembuatan laporan kehilangan BPKB. Petugas kemudian akan membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Selanjutnya, Anda perlu menceritakan secara runut kronologi kehilangan BPKB tersebut. Barulah petugas akan membuat laporan kehilangan STNK yang nantinya perlu Anda tandatangani.

  1. Surat Pernyataan Kehilangan dari Reserse atau Reskrim

Surat pernyataan kehilangan ini cara pengurusannya hampir sama dengan laporan kehilangan dari kepolisian. Surat ini juga perlu Anda tandatangani di atas materai. Baca Hitungan Kisaran Biaya Pajak Motor Telat 1 – 5 Tahun

  1. Kliping Iklan Kehilangan BPKB di 2 Media Massa

Saat mengurus BPKB yang hilang, Anda perlu mengiklankan di 2 media massa tentang kehilangan tersebut. Iklan ini berisi bahwa BPKB yang hilang itu sudah tidak berlaku lagi atau diblokir. Pada iklan tersebut ditulis secara rinci identitas pemilik dan nomor BPKB. Iklannya tidak perlu mahal-mahal, cukup iklan baris di media cetak atau online. Simpan juga bukti pembayaran iklan tersebut.

  1. Surat Keterangan dari Bank

Surat ini diterbitkan oleh bank yang menegaskan bahwa BPKB duplikat sedang tidak menjadi jaminan pinjaman di bank. Surat ini juga diberi materai dan dibubuhi tandatangan.

Advertisements
  1. Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor yang BPKB-nya hilang juga wajib dibawa ke Samsat untuk melakukan cek fisik. Setelah cek fisik nantinya petugas akan menerbitkan hasil cek fisik dengan legalisir.

Itulah persyaratan yang dibutuhkan saat mengurus BPKB hilang yang belum balik nama. Setelah seluruh persyaratan itu lengkap, datanglah ke Kantor Samsat dengan membawa dokumen persyaratan itu.

Prosedur Mengurus BPKB Hilang Belum Balik Nama

Prosedur mengurus BPKB hilang belum balik nama adalah :

  1. Bawalah seluruh persyaratan ke Kantor Samsat
  2. Ajukan permohonan pembuatan BPKB
  3. Kendaraan bermotor akan menjalani cek fisik, sementara Anda diminta mengisi formulir permohonan BPKB
  4. Anda akan diarahkan ke loket BPKB untuk menyerahkan semua persyaratan yang dibutuhkan. Pembayaran BPKB juga dilakukan, sehingga Anda akan menerima bukti pembayaran BPKB. Bukti pembayaran BPKB ini nanti digunakan untuk mengambil BPKB yang baru.
  5. Proses pembuatan BPKB ini kira-kira membutuhkan waktu 1 bulan. Datang lagi ke Kantor Samsat pada tanggal yang telah ditentukan.

Biaya Penerbitan BPKB

Apabila BPKB kendaraan bermotor roda 2 atau 3, maka biayanya adalah Rp.225.000. Sedangkan untuk kendaraan bermotor roda 4, biayanya adalah Rp.375.000.

Prosedur Balik Nama BPKB

Setelah membeli kendaraan bermotor second, lebih baik apabila segera mengurus balik nama BPKB. Ini supaya Anda tidak perlu bolak-balik meminjam KTP pemilik lama saat ada urusan terkait BPKB. Baca Kisaran Biaya Mengurus BPKB yang Hilang Balik Nama Sendiri

Persyaratan yang dibutuhkan untuk balik nama BPKB adalah : 1) Fotokopi STNK yang telah balik nama, 2) fotokopi KTP, 3) Fotokopi BPKB, 4) Fotokopi kwitansi pembelian motor, 5) fotokopi hasil cek fisik yang telah legalisir, dan 6) BPKB asli.

Prosedur balik nama BPKB adalah :

  1. Datangi Polda, Anda diharuskan mengisi formulir pengajuan balik nama BPKB
  2. Petugas akan meminta formulir yang telah diisi beserta persyaratan lainnya
  3. Pembayaran balik nama BPKB
  4. BPKB yang telah balik nama biasanya bisa diambil dalam kurun waktu 1 bulan. Petugas akan memberikan bukti pembayaran atau tanda terima untuk pengambilan BPKB yang telah jadi
Advertisements