Bayar Pajak STNK Bisa Di Mana Saja

Advertisements

Sebagai pemilik kendaraan, entah motor atau mobil, tentu ada kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan, seperti membayar pajak. Seperti yang kita ketahui, pajak kendaraan memang perlu dibayarkan sebelum jatuh tempo agar terhindar dari denda keterlambatan, apalagi harus mengurus dulu hal-hal lainnya agar bisa mendapatkan lembar pajak baru. Lalu, bayar pajak STNK bisa di mana saja?

Tidak jarang orang yang masih bingung di mana saja sih kita bisa bayar pajak STNK. Kalau dulu orang malas mengurusnya karena harus meluangkan waktu ke SAMSAT, sekarang ternyata sudah ada banyak pilihannya, sehingga memudahkan pemilik kendaraan buat membayar pajak kendaraannya. \Bahkan semakin gampangnya, ada yang tidak perlu lagi BPKB, karena hanya memakai KTP mau pun STNK yang asli.

Advertisements

Buat kamu yang sedang mencari berbagai cara buat membayar pajak STNK, simak dulu beberapa pilihan pembayarannya di bawah ini.

Ke Kantor SAMSAT

Tentunya cara pertama yang pasti sudah kamu tahu yaitu membayar pajak di kantor SAMSAT langsung. Cara ini memang lebih sering digunakan orang-orang kalau punya waktu yang lebih banyak karena memang harus perlu mengantri dan menunggu berkas-berkasnya diverifikasi. Baca Syarat Minta Fotokopi BPKB di Leasing Untuk Memperpanjang STNK

Kamu yang mau membayar pajak STNK melalui kantor SAMSAT langsung, jangan lupa bawa berkas-berkas yang diperlukan, seperti KTP dan STNK fotokopi beserta aslinya, bukti bayar pajak terakhir, dan fotokopi lembar pertama BPKB kendaraan kamu.

Sebenarnya selain melalui kantor SAMSAT-nya langsung, kamu bisa juga memanfaatkan SAMSAT Keliling. Layanan itu biasanya ada jadwalnya dan ada tempat pemberhentian khusus. Maka itu, coba kamu cari tahu dulu agar kamu yang jauh dari kantor SAMSAT bisa bayar pajaknya melalui SAMSAT Keliling.

Advertisements

Melalui Minimarket

Adanya sistem online, tentu akan semakin memudahkan kita bayar pajak STNK bisa dimana saja. Nyatanya sekarang kamu bisa bayar pajak hanya melalui minimarket. Bahkan kamu tidak usah lagi menunjukkan KTP asli, karena bayarnya hanya butuh alamat di KTP serta NIK saja. Baca Cara Mendapatkan Surat Keterangan Leasing FIF Untuk Perpanjang STNK

Meski pembayaran ini gampang dilakukan, ternyata belum semua daerah menetapkan cara ini, jadi kamu masih harus cari tahu lagi apakah daerah kamu sudah memberlakukannya atau belum.

Tapi, kamu harus tetap ke gerai SAMSAT buat melakukan pengesahan. Kamu harus tetap melakukannya dengan batas waktu maksimal 6 hari setelah kamu melakukan pembayaran di minimarket. Tentunya dengan cara ini kamu tidak usah lagi repot-repot antri lama di kantor SAMSAT.

Layanan E-SAMSAT

Pembayaran pajak STNK tidak hanya melalui minimarket saja, tapi juga bisa melalui layanan e-SAMSAT. Hanya saja, layanan ini khusus buat pemilik kendaraan yang tinggal di DKI Jakarta saja. Dari e-SAMSAT, kamu bisa melakukannya di mana saja karena kamu hanya membuka website-nya dan pembayarannya dilakukan di ATM.

Tapi, kamu harus mendaftarkan kendaraanmu dulu agar bisa melakukan layanan satu ini. Pastikan kamu mendaftarkan kendaraanmu melalui website e-SAMSAT yang resmi. Jadi, kalau kamu mau bayar pajak, hanya tinggal buka website-nya, lalu bayar di ATM.

Hanya saja, meski pembayarannya sudah dilakukan secara online, sebaiknya kamu juga harus tetap datang ke SAMSAT agar bisa mendapatkan cap pengesahan. Bawa saja dan berikan lembar pembayarannya ke kantor SAMSAT, nanti kamu akan diberikan cap pengesahan. Dengan cara itu, polisi bisa semakin yakin kalau kamu sudah benar-benar membayar pajaknya. Baca Bayar Pajak Motor Telat Di mana dan Bagaimana Cara Mengurusnya

Tidak susah kan bayar pajak STNK kendaraanmu? Bayar pajak STNK bisa di mana saja sekarang tanpa harus repot-repot antri lama. Tidak ada alasan lagi buat terlambat bayar pajak kendaraan karena sudah diberikan berbagai layanan pembayaran yang gampang.