Cara Bayar Pajak Motor atas Nama Orang Lain Tanpa KTP

Advertisements

Membayar pajak memang menjadi salah satu kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor. Dengan membayar pajak inilah maka bisa meningkatkan fasilitas umum agar lebih baik. Tetapi yang menjadi pertanyaan bagaimanakah cara bayar pajak motor atas nama orang lain tanpa KTP?

Tak bisa dipungkiri jika masalah ini sendiri ternyata kerap dihadapi oleh masyarakat yang membeli kendaraan mereka secara bekas atau second. Baca Bayar Pajak STNK Bisa Di Mana Saja

Advertisements

Disamping anda bisa mendapatkan harga motor yang lebih murah dibandingkan dengan aslinya, ternyata membeli motor secara bekas ini pun juga memiliki sejumlah kekurangan. Pertama, anda tetap akan berurusan dengan pemilik yang lama walaupun motor tersebut sudah anda beli. Inilah yang membuat masyarakat kurang nyaman. Terlebih lagi, motor tersebut seakan bukan milik anda.

Cara bayar pajak motor atas nama orang lain tanpa KTP dengan mudah

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor tersebut tidaklah sulit untuk anda lakukan. Perlu anda ingat  apabila untuk melakukan pembayaran pajak motor tersebut tidak bisa anda lakukan tanpa adanya KTP pemilik lama. Inilah  yang menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat yang akan melakukan pembayaran pajak motor tersebut

Kewajiban membawa KTP asli pemilik motor sebelumnya ketika akan membayar pajak ini ternyata sudah diatur didalam Peraturan Kapolri atau Perkap nomor 5 tahun 2012 silam. Inilah yang membuat masyarakat semakin kesulitan untuk membayar pajak motor. Karena pemilik motor bekas tersebut harus membayar pajak dengan menggunakan KTP pemilik lamanya. Baca Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Berdasarkan Plat Nomor

Adapun  beberapa syarat yang harus anda bawa ketika anda akan bayar pajak tersebut adalah KTP ASLI, STNK asli, BPKB asli dan masing-masing salinan dokumennya.  Selain itu, anda juga diharuskan untuk membawa bukti atas pemeriksaan cek fisik oleh petugas samsat.

Advertisements

Sedangkan cara bayar pajak motor atas nama orang lain tanpa KTP bisa dilakukan dengan balik nama. Ini merupakan cara satu-satunya yang bisa anda gunakan untuk melakukan pembayaran pajak tanpa pemilik yang lama. Tetapi perlu diingat jika, biaya  untuk balik nama ini tidaklah murah. Itulah mengapa anda harus menyiapkan biaya tersebut dahulu.

Hal penting dalam bayar pajak motor

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan selain cara bayar pajak motor atas nama orang lain tanpa KTP, berikut ini beberapa hal pentingnya

  1. Identitas pemilik kendaraan wajib sama
  2. Pastikan apabila anda mempunyai rekening tabungan dengan nama yang sama sesuai dengan identitas dari pemilik motor
  3. Pengesahan atau perpanjangan STNK bisa diwakilkan oleh orang lain dengan membawa surat kuasa yang sudah diberikan material 6000.
  4. PASTIKAN anda sudah membayar pajak tersebut sebelum jatuh tempo agar menghindari denda atas keterlambatan.

Keuntungan membayar pajak motor

Ada beberapa keuntungan apabila anda membayar pajak kendaraan bermotor ini secara rutin, berikut ini penjelasannya Baca Cara Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB yang Gampang

  1. Pajak digunakan untuk membiayai pengeluaran negara seperti pengeluaran yang mempunyai sifat sel liquiditing seperti proyek produktif barang ekspor.
  2. Membiayai pengeluaran yang bersifat reproduktif seperti pengeluaran yang memberikan keuntungan ekonomis bagi warga Indonesia seperti pengeluaran untuk pertanian maupun pengairan.
  3. Untuk membiayai pengeluaran yang tidak produktif. Sebagai contohnya adalah pengeluaran untuk membiayai pertahanan negara maupun perang untuk melakukan penghematan di masa yang akan datang seperti pengeluaran untuk anak yatim piatu.

Demikian beberapa prosedur bagaimana  cara bayar motor atas nama orang lain tanpa KTP. Membayar pajak ini sendiri memang menjadi kewajiban bagi wajib pajak karena akan memberikan sejumlah keuntungan.