Cara Mengetahui Nama Pemilik Kendaraan Berdasarkan Plat Nomor

Advertisements

Setiap kendaraan, entah itu mobil atau motor, pasti punya plat nomor kendaraan di bagian depan dan belakang. Plat itu tidak hanya sekedar pasang saja karena ada fungsi khususnya yaitu sebagai alat identifikasi kendaraan.

Tidak heran kalau kamu bisa tahu pemilik kendaraannya hanya dari plat nomornya saja. Tapi, apa kamu sudah tahu cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor?

Advertisements

Sebelum dijelaskan cara-caranya, perlu kamu pahami dulu tentang plat nomor. Plat logam persegi panjang itu bisa dikatakan sebagai primary key yang dipakai sebagai nomor registrasi kendaraan. Masing-masing nomor tentu punya kode masing-masing berdasarkan kode daerah dari pemilik kendaraannya.

Informasi plat nomor itu sudah tertera di STNK atau Surat Tanda Kendaraan. Sebenarnya dengan mengetahui nama pemilik kendaraan hanya dari plat nomor saja, kita bisa tahu apakah kamu pemilik aslinya atau bukan. Tidak heran kan kalau di pusat-pusat perbelanjaan atau di kantor-kantor ada pengecekan STNK buat menyesuaikannya dengan plat nomor yang tertera.

Dari nomor platnya itu, kita juga bisa terhindar dari tindakan kejahatan seperti pencurian kendaraan. Kasus lainnya yaitu kita bisa tahu siapa pelaku sebenarnya dari tabrak lari kalau kamu mencatat plat nomornya. Dari plat nomor itu, kita bisa tahu siapa pemilik kendaraan sebenarnya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan kalau kamu mau tahu siapa nama pemilik kendaraannya hanya dari plat nomor. Baca Cara Mendapatkan Surat Keterangan Leasing FIF Untuk Perpanjang STNK

Melalui Aplikasi Android

Zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang, tentu memberikan kemudahan buat kita, salah satunya mendapatkan informasi cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor. Belum banyak yang tahu kalau sekarang sudah tersedia aplikasi yang bisa kamu gunakan buat mengecek plat nomor kendaraan.

Daftar Nama Aplikasi Samsat Menurut Wilayah

Jawa Tengah – SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
Jawa Timur – E-Smart Samsat Jatim
Jawa Barat – SAMBARA
Jakarta – Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
Yogyakarta – Pajak Kendaraan Yogyakarta
Aceh – Peluit Ditlantas Polda Aceh
Riau – Esamsat Kepri
Sulawesi Utara – Info Pajak Kendaraan Sulut
Nusa Tenggara Barat – Samsat Delivery
Sumatera Selatan – e-Dempo Samsat Online Sumatera Selatan
Lampung – Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
Sulawesi Selatan – eSamsat Sulsel
Kalimantan Utara – eSamsat Kalimantan Utara
Pontianak – Samsat Pontianak
Kalimantan Tengah – RC Polda Kalimantan Tengah

Meski kamu bisa mengecek nama pemiliknya dari aplikasi Android, tetap saja aplikasi itu sebenarnya khusus buat pelayanan pajak kendaraan. Tapi, ada menu khusus yang tertera buat kamu yang mau mengecek plat nomor kendaraannya. Tapi, setiap daerah punya nama aplikasinya berbeda-beda, sehingga kamu harus mencari tahu dulu aplikasi apa yang sesuai di daerah kamu.

Advertisements

Melalui Website

Mengetahui pemilik plat nomor kendaraan tidak hanya dari aplikasi Android saja, karena kamu juga bisa mengakses website resmi dari SAMSAT. Dengan cara ini, kamu bisa melihat lebih banyak daerah dan tentunya lebih lengkap dibandingkan memakai aplikasi.

Cara Pengecekan Plat Nomor Menggunakan Website

http://dppkd.bantenprov.go.id/

http://samsat-pkb2.jakarta.go.id/

https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/

http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/

https://esamsat.jatimprov.go.id/

http://esamsat.acehprov.go.id/

http://infonjkbdiy.com/

Mulai dari informasi warna dan tahun kendaraan, sampai nama pemiliknya bisa kamu dapatkan secara maksimal di website resmi SAMSAT. Baca Bayar Pajak Motor Telat Di mana dan Bagaimana Cara Mengurusnya

Tapi, sama seperti aplikasi Android, setiap daerah punya alamat website-nya sendiri buat mengecek plat nomor kendaraan. Misalkan buat daerah DKI Jakarta, kamu bisa mengakses website https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM. Buat kamu yang tinggal di Jogja, kamu bisa mengaksesnya melalui https://infojkbdiy.com/

Melalui SMS

Kalau kamu tidak punya kuota internet, bisa juga kamu mencari cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor hanya dari SMS saja. Tapi, kamu yang mau melihat siapa pemilik kendaraannya dari SMS, pastikan saja kamu punya cukup pulsa agar kamu bisa menerima informasinya dengan tepat. Belum lagi biaya SMS yang berlaku berbeda-beda tergantung operator apa yang kamu pakai.

Tanya Langsung ke Lembaga Berwenang

Cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor yang terakhir yaitu dengan tanya langsung ke lembaga berwenang. Tentunya kamu harus mendatangi kantor polisi atau SAMSAT buat melakukannya. Hanya saja, kalau kamu bertanya langsung ke mereka, pastikan kamu punya tujuan yang jelas kenapa kamu mau tahu siapa pemilik kendaraannya.

Kalau memang untuk urusan kasus tertentu, lebih baik kamu langsung saja datangi kantornya agar lebih cepat mencari pemiliknya. Tapi, kalau buat urusan pribadimu, sebaiknya jangan lakukan karena pasti pihak lembaga itu akan menolak memberitahukannya. Baca Bayar Pajak STNK Bisa Di Mana Saja

Itulah beberapa cara mengetahui nama pemilik kendaraan berdasarkan plat nomor. Gampang saja kan cara mengetahuinya? Meski begitu, lebih baik mencari pemilik kendaraan dilakukan kalau kamu memang membutuhkannya. Jangan sampai kamu dicurigai karena hanya iseng-iseng mau tahu nama pemiliknya saja.