Pengalaman Mengurus STNK Hilang Motor Kredit

Advertisements

Hilang merupakan hal yang tentunya ditakutkan semua orang. Apalagi kamu kehilangan STNK kendaraan, belum lagi status motor kamu masih kredit. Tentu bisa pusing tujuh keliling deh kalau STNK sudah hilang, karena pastinya kamu nggak bisa menggunakan kendaraanmu itu di jalan-jalan besar. Lalu, gimana ya cara mengurus STNK hilang motor kredit?

Mengurus STNK yang hilang selama motor masih kredit memang memusingkan. Kamu juga harus berurusan dengan leasing atau dealermu karena harus meminta beberapa berkas yang harus dipersiapkan mengurus pergantian STNK baru di SAMSAT.

Advertisements

Kamu yang sedang kehilangan STNK di saat motor masih kredit, jangan panik dulu. Ikuti dulu cara-caranya di bawah ini.

Siapkan Berkas-berkasnya

Sebelum kamu ke SAMSAT, ada berkas-berkas yang harus kamu siapkan buat mengurus STNK hilang. Karena motor kamu masih kredit, tentu ada berkas yang perlu kamu tambahkan agar bisa diproses oleh petugas SAMSAT.

  1. Surat kehilangan

Kamu harus ke kantor polisi terdekat agar bisa dibuatkan surat kehilangan. Meski kamu sudah mendapatkan surat kehilangan, tetap saja surat itu punya masa berlakunya selama 30 hari. Jadi, kamu yang mau mengurus STNK harus sebelum masa berlaku suratnya habis. Baca Prosedur  Balik Nama Motor Tanpa KTP Pemilik Lama Dengan Mudah

  1. KTP kamu asli dan fotokopi
  2. Fotokopi STNK kalau kamu memang punya
  3. BPKB fotokopi

Fotokopi BPKB bisa kamu minta dari dealer atau leasing yang kamu gunakan. Jangan lupa juga setelah kamu mendapatkan fotokopi BPKB-nya, kamu harus melegalirisnya di kantor polisi terdekat.

  1. Surat keterangan dari leasing atau dealer

Nah karena motor kamu statusnya masih kredit, kamu wajib banget punya berkas yang satu ini.

Ke Kantor SAMSAT

Kalau semua berkasnya sudah beres semua, kamu pergi saja langsung ke kantor SAMSAT. Berikan dulu berkasnya ke loket pengecekan fisik karena motor kamu memang harus dicek dulu sebelum mendapatkan STNK yang baru. Dari hasilnya, kamu akan mendapatkan nomor rangka dan juga nomor mesin motor kamu.

Advertisements

Mengisi Pendaftaran

Selesainya dilakukan pengecekan fisik kendaraan kamu, selanjutnya kamu akan diberikan formulir pendaftaran yang harus kamu isi dengan benar dan secara lengkap. Serahkan formulirnya lagi beserta berkas-berkas yang sudah kamu siapkan sebelumnya.

Mengurus Cek Blokir

Selanjutnya kamu akan diarahkan buat mengurus cek blokir. Cek tersebut dilakukan agar bisa mendapatkan surat keterangan hilang yang khusus dikeluarkan oleh SAMSAT. Di lembaran cek blokir ini berisikan keterangan yang harus disesuaikan dengan STNK yang terkait, seperti motor kamu nggak dalam proses pencairan atau sedang diblokir.

Makannya itu, kamu harus melakukan cek fisik agar mendapatkan lembar hasil pengecekannya untuk diberikan ke petugasnya. Baca Estimasi Biaya Perpanjang STNK Tanpa KTP asli Dengan Mudah

Mengurus Pembuatan STNK Baru

Setelah selesai mengurus cek blokir, baru kamu bisa mengurus pembuatan STNK baru. Cara mengurus STNK hilang motor kredit ini perlu kamu serahkan lagi semua berkasnya dan surat keterangan yang menunjukkan STNK kamu hilang yang diberikan oleh SAMSAT. Buat mengurusnya kamu harus pergi ke loket BBN atau BEA Balik Nama.

Membayar Pajak Motor dan Biaya Pembuatan STNK Baru

Kalau kamu belum membayar pajak tahunan motormu, maka kamu harus membayar dulu pajak motor kamu lebih dulu. Tapi kalau kamu sudah membayarnya, kamu hanya tinggal membayar biaya pembuatan STNK yang baru.

Nah karena kamu hanya mengganti STNK motormu, maka biaya yang perlu kamu bayarkan yaitu Rp 50 ribu. Biaya tersebut sudah tertera di aturan PP No, 50 tahun 2010.

Mengambil STNK Baru dan SKPD

Kamu yang sudah menyelesaikan pembayarannya, kamu akan menerima bukti pembayaran. Bukti tersebut perlu kamu serahkan ke kasir agar bisa menerima STNK yang baru. Baca Bayar Pajak Motor Nembak KTP, Masih Bisa Nggak Sih?

Dari cara mengurus STNK hilang motor kredit di atas, waktu yang dibutuhkan buat semua prosesnya kira-kira butuh 2 minggu. Memang butuh waktu yang cukup lama, tapi jangan sampai kamu malas mengurusnya karena STNK sangat penting dalam berkendara.