Prosedur  Balik Nama Motor Tanpa KTP Pemilik Lama Dengan Mudah

Advertisements

Ketika anda membeli motor bekas atau second, balik nama menjadi hal yang wajib untuk anda prioritasnya. Tetapi bagaimanakah prosedur balik  nama motor tanpa KTP pemilik lama. Tak bisa dipungkiri apabila ketika anda membeli motor bekas, maka anda akan melewati beberapa hal yang penting seperti untuk melakukan perpanjang STNK.

Untuk memperpanjang STNK ataupun hal yang berkaitan dengan motor tersebut maka anda membutuhkan  KTP milik orang lain. Inilah yang membuat anda akan berurusan dengan pemilik motor yang lama dimana seakan-akan anda tidak  mempunyai  hak yang penuh terhadap motor yang anda miliki tersebut.

Advertisements

Apakah bisa balik nama tanpa KTP orang lain

Inilah mengapa balik nama motor bisa menjadi solusi yang terbaik untuk anda. Walaupun demikian, tidak sedikit dari masyarakat yang tidak begitu memahami bagaimanakah prosedur untuk melakukan balik nama. Tidak sedikit dari masyarakat yang bertanya bagaimanakah prosedur balik nama motor tanpa KTP pemilik lama? Baca Tata Cara Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

Berbeda jika anda melakukan perpanjang STNK, untuk anda yang ingin melakukan balik nama sendiri anda tidak membutuhkan KTP pemilik lamanya. Hanya saja, ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi dengan baik agar prosedur balik nama bisa berjalan dengan baik.

Sebelum mengetahui lebih lanjut bagaimana prosesnya, balik nama sendiri merupakan pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dimana dari pemilik pertama ke tangan pemilik kedua maupun seterusnya. Balik nama ini sendiri bisa dilakukan terhadap STNK maupun BPKB. Untuk anda yang penasaran, bagaimana prosedur balik nama ini, anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini.

Syarat balik nama motor tanpa KTP Pemilik lama

Adapun beberapa  persyaratan yang harus anda penuhi apabila ingin balik nama motor tersebut. dokumen-dokumen yang harus anda siapkan tersebut diantaranya adalah .Baca Tahapan Plus Syarat Bayar Pajak Motor Kredit

Advertisements
  1. Membawa STNK asli maupun salinannya
  2. Membawa KTP pemilik baru atau KTP anda baik itu asli maupun salinannya
  3. BPKB asli dan salinannya
  4. Kwitansi atas pembelian motor yang sudah ditandatangani diatas materai.

Jika anda sudah memenuhi persyaratan diatas, maka anda bisa langsung pergi ke kantor samsat terdekat yang  ada di kota anda.

Prosedur balik nama dengan mudah

  1. Datang ke kantor samsat

Anda bisa membawa dokumen yang sudah disebutkan diatas. Dan pastikan apabila kantor samsat tersebut sesuai dengan alamat yang tertera pada KTP baru. Sebagai contohnya, apabila anda tinggal di Semarang, maka anda bisa langsung mendatangi kantor samsat yang ada di Semarang.

  1. Melakukan tes fisik

Jika anda sudah datang ke kantor samsat, maka anda harus membawa motor anda tersebut ke tempat cek fisik. Disini petugas akan melakukan pengecekan pada kendaraan anda. Jika sudah, maka anda akan diberikan hasil dari cek fisik tersebut. hasil cek tersebut bisa anda serahkan bersama dengan berkas lainnya ke loket pengesahan sekaligus pembayaran.

Apabila sudah mendapatkan validasi, maka hasil dari pengesahan cek fisik tersebut akan diberikan kepada anda. Dengan adanya hasil pada cek fisik ataupun mendapatkan kwitansi bisa anda fotokopi serta disimpan dengan baik agar bisa mengurus balik nama pada BPKB dan STNK anda. Baca Panduan Bayar Pajak Motor Tanpa KTP Pemilik

  1. Pendaftaran balik nama

Cara balik nama motor tanpa KTP pemilik lama berikutnya adalah pendaftaran balik nama dimana biasanya terletak di gedung samsat. Adapun berkas yang harus anda siapkan adalah STNK asli dan salinannya, KTP asli dan salinannya, BPKB asli dan salinannya serta hasil cek fisik. Sampai disini, anda belum mendapatkan STNK maupun BPKB dengan nama anda. Anda harus menunggunya dahulu.

Balik nama kendaraan bermotor memang menjadi  salah satu pilihan terbaik agar anda tidak berurusan lagi dengan pemilik yang lama. Itulah prosedur balik nama  motor tanpa KTP pemilik lama.