Tahapan Plus Syarat Bayar Pajak Motor Kredit

Advertisements

Siapa pun yang punya motor, tentu harus siap membayar pajak tiap tahunnya serta 5 tahunannya. Kalau telat-telat membayarnya, bisa-bisa kamu dikenakan denda pembayaran sesuai dengan lama keterlambatannya.

Tapi, bagaimana kalau motornya masih kredit? Ada beberapa syarat bayar pajak motor kredit, apa yang harus saya siapkan?

Advertisements

Pertanyaan-pertanyaan tentang syarat-syarat dokumen yang harus dibawa buat motor kredit memang selalu ditanyakan. Sebenarnya prosesnya hampir mirip-mirip dengan cara pembayaran pajak secara umumnya, tapi ada beberapa hal yang membedakannya untuk khusus pembayaran pajak motor yang masih kredit atau masih dalam proses bayar cicilan.

Agar kamu tidak salah yang buat kamu harus bolak-balik ke kantor SAMSAT atau ke tempat leasing, coba kamu simak dulu persyaratan apa yang harus kamu butuhkan dan cara-cara pembayarannya.

Syarat Dokumen Bayar Pajak Kredit

Karena ada beberapa dokumen yang sedikit berbeda dari pembayaran pajak motor pada umumnya, berikut beberapa syarat dokumen yang harus kamu bawa saat mau bayar pajak motor yang masih kredit. Baca Cara Bayar Pajak Motor Tanpa BPKB yang Gampang

  1. Surat pengantar dari pihak leasing

Kamu harus meminta surat pengantar dulu dari pihak leasing agar motor kamu yang masih kredit bisa tetap membayar pajak tahunannya.

  1. Fotokopi BPKB dari pihak leasing

Jangan lupa juga selain meminta surat pengantarnya, kamu juga harus punya fotokopi BPKB dari pihak leasing-nya. BPKB akan terus dipegang pihak leasing sampai motor kamu benar-benar lunas. Jadi, tiap kali kamu mau bayar pajak tahunan, sebaiknya jangan lupa kamu ke pihak leasing buat meminta fotokopi BPKB-nya.

  1. KTP asli

Saat kamu datang ke kantor SAMSAT, jangan lupa bawa juga KTP asli kamu. Tidak ada salahnya juga kamu fotokopi dulu buat berjaga-jaga kalau memang dibutuhkan. Baca Cara Bayar Pajak Motor atas Nama Orang Lain Tanpa KTP

Advertisements
  1. STNK asli

Selain itu, kamu juga harus butuh STNK asli yang sesuai dengan jenis motor dan nama pemilik KTP-nya. Jangan sampai salah ya, karena motor kamu yang masih kredit tidak bisa dibayar pajaknya. Fotokopi juga STNK-nya agar pihak petugasnya bisa memverifikasinya dengan tepat.

  1. Map cokelat

Yang tidak boleh ketinggalan dalam syarat-syarat yang harus dibawa yaitu map cokelat. Semua dokumen yang sudah kamu siapkan sebelumnya harus kamu masukkan ke dalam map cokelat dan menyerahkannya ke pihak petugasnya.

Cara Membayar Pajak Motor Kreditan

Kalau semua dokumennya sudah lengkap, kamu tinggal ke SAMSAT daerahmu. Proses pertama, kamu harus meminta stempel khusus buat perpanjangan pajak tahunan yang masih kredit. Kalau stempelnya sudah kamu dapatkan, berikan semua berkasnya itu ke loket pendaftaran. Kalau sudah diverifikasi, kamu hanya tinggal mengikuti proses pembayaran pajak pada umumnya saja.

Cara mengetahui berapa besar biaya pajak yang perlu kamu bayar, sebenarnya sudah tertera di STNK. Tapi tidak ada salahnya kalau kamu menyiapkan lebih buat berjaga-jaga kalau ada biaya lebih yang dibutuhkan. Setelah pembayaran pajaknya sudah selesai kamu lakukan, nanti kamu akan menerima lembar pajak baru. Periksa dengan teliti apakah data dari lembaran itu semuanya sudah sesuai dengan KTP, STNK, mau pun pajak yang seharusnya.

Tidak usah bingung lagi kan syarat bayar pajak motor kredit, apa yang harus saya siapkan? Sebenarnya syarat-syarat yang dibutuhkan mirip dengan syarat pada umumnya. Caranya juga sama saja dengan bayar pajak motor pada umumnya. Jadi, kamu tidak usah takut-takut mau bayar pajak kalau motor kamu masih proses kredit. Baca Tata Cara Syarat Bayar Pajak Motor Atas Nama Orang Lain

Lebih baiknya jangan gunakan calo karena kamu bisa butuh biaya lebih banyak. Apalagi calo sering kali menembak harga layanannya sehingga biaya yang awalnya bisa gratis bisa jadi semakin banyak karena kamu memakai calo.