Tips Mengurus dan Biaya Perpanjang STNK Tanpa KTP Asli

Advertisements

Anda yang memiliki kendaraan pribadi, tentu Anda harus bisa merawatnya dengan baik. Bukan hanya dilakukan secara fisiknya saja, tapi sekaligus segala dokumen kelengkapannnya, salah satunya perpanjangan STNK.

Melakukan perpanjangan STNK sebenarnya tidak sulit, hanya saja masih banyak orang yang mengeluhkan cara dan biaya perpanjang STNK tanpa KTP asli.

Advertisements

Bisakah memperpanjang STNK Tanpa KTP Asli

Bagi Anda yang membeli kendaraan bekas, tentu saja KTP pemilik kendaraannya bukan menggunakan nama Anda, tapi masih memakai nama pemilik kendaraan sebelumnya. Banyak orang yang malas memperpanjang STNK karena harus bolak-bolak balik meminjam KTP dari pemilik sebelumnya, apalagi akan semakin sulit kalau mereka tidak ingin memberikannya kepada Anda. Baca Pengalaman Mengurus STNK Hilang Motor Kredit

Karena malas mengurusnya, tidak jarang orang lebih memilih menggunakan calo agar dapat memanipulasi KTP-nya. Hanya saja, kalau kita membiasakan hal tersebut, tentu kita akan semakin memperburuk sistem yang ada. Akibatnya bahkan akan menambah kejahatan-kejahatan yang tidak diinginkan.

Karena itulah, sekarang ini sudah ada cara untuk Anda yang memiliki kendaraan bekas yang ingin mengurus perpanjangan STNK tanpa adanya KTP asli. Tapi sebelum membahas lebih jauh, tidak ada salahnya Anda mengetahui juga berapa biaya perpanjang STNK tanpa KTP asli. Tidak sedikit pemilik kendaraan bingung berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar perpanjangan STNK-nya.

Sebenarnya sama saja biayanya kalau Anda yang membayarnya dengan atau pun tanpa KTP asli. Biaya yang perlu Anda keluarkan tergantung dari harga jual kendaraan yang Anda beli sekaligus dari tahun dikeluarkannya kendaraan tersebut. Pastinya Anda akan mengeluarkan lebih banyak biaya kalau Anda membeli kendaraan yang mahal dengan keluarannya yang terbaru. Baca Kisaran Biaya Pembuatan STNK Hilang Update

Advertisements

Misalnya saja Anda membeli mobil tahun 2019 dengan harga Rp 1 M. Tentu Anda akan mengeluarkan biaya yang besar hingga belasan juga untuk membayar biaya perpanjangan STNK. Hal tersebut juga berlaku untuk Anda yang membayar biaya perpanjang STNK tanpa KTP asli.

Namun, ada baiknya jika Anda melakukan balik nama pada kendaraan Anda dibandingkan Anda menggunakan calo tanpa KTP aslinya. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi repot mengurusnya lagi saat membayar pajak atau pun perpanjangan STNK tahunan dan 5 tahunan.

Syarat Dokumen Balik Nama

Sebelum Anda ke SAMSAT, pastikan Anda sudah melengkapi berbagai dokumennya. Jangan lupa melampirkannya juga yang asli dan yang fotokopi agar di SAMSAT Anda tidak perlu lagi mengantri untuk fotokopi.

  1. STNK asli dan fotokopi
  2. KTP pemilik baru asli dan fotokopi
  3. BPKB asli dan fotokopi
  4. Kuitansi pembelian kendaraan

Kuitansi dimaksudkan dibawa agar kendaraan yang Anda beli bukan hasil dari curian.

Cara Balik Nama

Anda harus datang terlebih dahulu ke SAMSAT sesuai dengan alamat di KTP Anda. Setelah itu, kendaraan Anda akan dilakukan tes fisik yang tidak membutuhkan waktu yang lama. Kalau sudah selesai, Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk balik nama di loket pendaftaran. Pastikan Anda memeriksa semua dokumennya terlebih dahulu sebelum diberikan ke petugasnya.

Nantinya Anda akan dipanggil lagi untuk mengambil STNK dan membayar pajaknya. Jangan lupa bawa juga lembaran tanda terima agar dicocokkan dengan yang aslinya. Kalau semuanya sudah selesai, Anda akan dipanggil lagi untuk mengambil STNK yang sudah jadi atas nama Anda. Baca Adakah Cara Mengurus STNK Hilang Tanpa KTP Pemilik Asli?

Tidak perlu bingung lagi, bukan untuk memperpanjang STNK Anda tanpa KTP asli? Untuk biaya perpanjang STNK tanpa KTP asli, Anda bisa memperkirakannya dari harga jual kendaraan Anda dan berapa tahun dikeluarkannya kendaraan tersebut.